JAVA | FXML Menghitung Persegi Panjang menggunakan Scene Builder

Assalamualaikum WR WB

 
Sebelum masuk ke kodingan, terlebih dahulu anda sudah mengetahui rumus dari luas dan keliling persegi panjang dan apa saja inputan yang akan dimasukan. Program Java Menghitung Persegi panjang yang akan dibuat menggunakan intellij IDEA dan scene builder untuk tampilan aplikasinya  untuk yang belum ada scene builder bisa lihat tutorial berikut instal scene builder di intellij

berikut langkah-langkah yang akan dilalui saat membuat program JAVA :
1. Buka Intellij IDEA nya, buat project baru dengan nama "PersegiPanjang". Cara membuat Project baru di Intellij
2. buat Tampilan GUI nya yaitu dengan cara membuka file sample.fxml atau bisa dengan membuat file fxml baru. membuat fxml bisa menggunakan scene builder seperti gambar dibawah.


Berikut Tampilan Aplikasi yang akan dibuat

 berikut source code dari file FXML "persegipanjang.fxml"
<?xml version="1.0" encoding="UTF-8"?>

<?import javafx.scene.control.Button?>
<?import javafx.scene.control.Label?>
<?import javafx.scene.control.TextField?>
<?import javafx.scene.layout.AnchorPane?>
<?import javafx.scene.text.Font?>

<AnchorPane prefHeight="400.0" prefWidth="600.0" xmlns="http://javafx.com/javafx/8.0.172-ea" xmlns:fx="http://javafx.com/fxml/1" fx:controller="sample.Controller">
   <children>
      <Label layoutX="217.0" layoutY="14.0" text="PERSEGI PANJANG">
         <font>
            <Font size="20.0" />
         </font>
      </Label>
      <Label layoutX="49.0" layoutY="66.0" text="Nilai Panjang">
         <font>
            <Font size="14.0" />
         </font>
      </Label>
      <TextField id="panjang" fx:id="panjang" layoutX="168.0" layoutY="64.0" />
      <Label layoutX="49.0" layoutY="116.0" text="Nilai Lebar">
         <font>
            <Font size="14.0" />
         </font>
      </Label>
      <TextField id="lebar" fx:id="lebar" layoutX="168.0" layoutY="114.0" />
      <Button fx:id="Hitung" layoutX="49.0" layoutY="166.0" mnemonicParsing="false" onAction="#Hitung" text="Hitung" />
      <Label fx:id="luas" layoutX="168.0" layoutY="213.0" />
      <Label layoutX="49.0" layoutY="217.0" text="Luas =">
         <font>
            <Font size="14.0" />
         </font>
      </Label>
      <Label layoutX="49.0" layoutY="255.0" text="Keliling =">
         <font>
            <Font size="14.0" />
         </font>
      </Label>
      <Label  fx:id="keliling" layoutX="168.0" layoutY="253.0" />
      <Button fx:id="Reset" layoutX="168.0" layoutY="166.0" mnemonicParsing="false" onAction="#Reset" text="Reset" />
   </children>
</AnchorPane>

3. Pada file controller.java ada bisa membuat codingan seperti berikut :
package sample;

import javafx.event.ActionEvent;

import javafx.scene.control.Label;
import javafx.scene.control.TextField;

public class Controller  {
    public double pjg,lbr, hasilLuas, hasilKeliling;
    public String ls,kl;

    public TextField lebar,panjang;
    public Label keliling, luas;

    public void Hitung(ActionEvent event){
        lbr = Double.parseDouble(lebar.getText());
        pjg = Double.parseDouble(panjang.getText());

        hasilLuas = pjg*lbr;
        ls = String.format("%,.2f", hasilLuas);
        luas.setText(ls);

        hasilKeliling = (2*pjg)+(2*lbr);
        kl = String.format("%,.2f", hasilKeliling);
        keliling.setText(kl);
    }
    public void Reset(ActionEvent event){
        lebar.setText("");
        panjang.setText("");
        luas.setText("");
        keliling.setText("");

    }
}

4. Pada file main.java ada bisa membuat codingan seperti berikut :
package sample;

import javafx.application.Application;
import javafx.fxml.FXMLLoader;
import javafx.scene.Parent;
import javafx.scene.Scene;
import javafx.stage.Stage;

public class Main extends Application {

    @Override
    public void start(Stage primaryStage) throws Exception{
        Parent root = FXMLLoader.load(getClass().getResource("persegipanjang.fxml"));
        primaryStage.setTitle("Hello World");
        primaryStage.setScene(new Scene(root, 300, 275));
        primaryStage.show();
    }


    public static void main(String[] args) {
        launch(args);
    }
}

Itulah source code dari program yang akan dibuat. setelah itu anda bisa menjalankan aplikasnya  dengan cara Run-> pilih Run'main'.

Itulah source code dari program menghitung persegi panjang di Java. jika ada pertanyaan silahkan komentar dikolam bawah. lebih dan kurang mohon dimaafkan, Terimakasih 
 


Related Posts:

0 Response to "JAVA | FXML Menghitung Persegi Panjang menggunakan Scene Builder "

Posting Komentar